Sekilas tentang hipertensi (tekanan darah tinggi)

Hipertensi merupakan “silent killer” (pembunuh diam-diam) yang secara luas dikenal sebagai penyakit kardiovaskular yang sangat umum. Dengan meningkatnya tekanan darah dan gaya hidup yang tidak seimbang dapat meningkatkan faktor risiko munculnya berbagai penyakit seperti arteri
koroner, gagal jantung, stroke, dan gagal ginjal. Salah satu studi menyatakan pasien yang menghentikan terapi anti hipertensi maka lima kali lebih besar kemungkinannya terkena stroke.



Diperlukan berbagai upaya untuk meningkatkan kepatuhan pasien terhadap terapi obat demi mencapai target tekanan darah yang diinginkan. Paling sedikit 50% pasien yang diresepkan obat antihipertensi tidak meminum obat sesuai yang direkomendasikan. Strategi yang paling efektif adalah dengan kombinasi strategi seperti edukasi, modifikasi sikap dan sistem yang mendukung.

Dalam membantu penatalaksanaan hipertensi tersebut, tentu saja diperlukan peran profesi kesehatan seperti dokter dan Apoteker. Apoteker dapat menjadi perantara antara pasien dan dokter dalam hal terapi farmakologi maupunterapi non farmakologi. Praktek evidence-based medicine untuk hipertensi
termasuk memilih obat tertentu berdasarkan data menunjukkan penurunan mortalitas dan morbiditas kardiovaskular atau kerusakan organ akibat hipertensi. Dengan membantu pasien memodifikasi pola hidupnya juga dapat membantu pasien mencapai tujuan terapi. Sehingga pasien akan bisa terhindar dari penyakit berat.

Dan blog ini Insya Allah akan menulis banyak tentang Hipertensi
Newer Oldest

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter